Jumat, 19 Desember 2014

House Of bamboo

| | 0 komentar





HOUSE OF BAMBOO 

Lampung - Ibu Endang





Permintaan klien yang ingin rumah lawasnya untuk direnovasi menjadi minimalis. membuaut kami tertantang melihat kondisi rumah aslinya yang sudah terlihat tua. dengan menggali dari kearifan lokal dan budaya dari indonesia sendiri, kami menggunakan banyak material alami seperti penggunaan bambu dan kayu yang memang mudah untuk didapatkan sebagai secondary skin dan penutup selubung bangunan ini.



Material potongan kayu yang disusun secara acak diletakan di area pertama rumah yang terletak paling depan. menjadi sebuah penghias cantik dari elemen pengisi teras. dengan menggunakan warna coklat tua dari finishingnya. membuat bangunan menjadi memiliki kesan hangat untuk mengurangi warna yang monoton dari warna dinding yang menyelimuti bangunan ,



Disisi kanan bangunan deretan bambu yang disusun secara vertikal dengan jarak sekitar 30 cm berbaris dengan ditemani deretan tanaman hias bambu air yang disusun mengikuti pergerakan dari alur bambu.

Deretan tanaman hias menghiasi bagian depan teras. ditambah dengan penggunaan grass block mampu mengurangi lahan yang tertutup secara masif untuk dengan sengaja mengalirkan air masuk kedalam tanah .


Pintu yang besar menjadi welcome point dari awal bangunan yang membuat kesan hunian ini menjadi welcome bagi tiap tamunya. ditambah dengan penggunan kaca pada tiap sisi pintu membuat kesan ringan dari pintu masif berbahan kayu jati ini. Penggunan dinding yang bertekstur dengan penambahan dan pengurangan pada bidangnya menghilangkan kesan kaku pada dinding ekspos ini


Area ruang tamu dibuat sesimple mungkin . dengan pintu kaca yang dapat dibuka yang langsung berbatasan dengan kolam berlebar 1 meter membuat nuansa resort menghiasi sepanjang area ini. dengan penggunan materiali kayu yang kental pada perabotan dan lantai yang mengguunakan parket serta kusen yang juga kayu berpadu cantik dengan bahan metal dan alumunium pada beberapa material yang ada. Pintu kaca yang diguunakan berfungsi untuk memasukan sinar matahari sebanyak mungkin untuk mendukung konsep green building yang meminimalkan penggunan energi listrik. ditambah pula dengan pintu kaca yang bisa terbuka mampu membuat angin dapat masuk dan membuang hawa panas dalam bangunan yang akhirnya dapat meminimalkan penggunan kipas dan ac dalam ruangan. 











0 komentar: